Friday, December 23, 2011

RainMeter

Kalian tahukan apa itu RainMeter? yah kalo ada yang belum tau RainMeter itu semacam program untuk mempercantik Dekstop. kalo kalian hobi nge-bagusin Dekstop, kalian wajib punya nih Program. RainMeter punya banyak macam-macam skin dan theme looh~ kalo aku sih make yang biasa aja :3. karena aku mendownload  Skin-skin yang keren. tapi taulah~ aku kan rada Otaku(suka anime jepang). hehe. jadinya Skin RainMeternya ada hubungan ama MANGA dan ANIME. mau Linknya? kasih deh http://randomnessthing.com/ nah ini salah satu link untuk yang suka ama MANGA dan ANIME. keren2 lho ^_^.


nah aku download salah satu Skin disana. dan aku tau dari temenku yang sesama Otaku, bahwa Skin nya itu bisa di edit, dan kita ganti gambarnya dengan gambar yang kita suka XD. kalian mau tau caranya? gampang kok~.
1. kalian harus punya SKIN yang jadi DASAR pengeditan~
aku ambil yang gampang aja deh untuk di jadiin contoh. XD


link download: http://randomnessthing.com/2009/11/28/desktop-goodies-death-scythe-girl-calendar-rainmeter/


2. kalian pilih gambar yang kalian suka, karena nanti kita akan ganti karakter "gadis yang lagi megang sabit" ke karakter favorit. kali ini aku milih gambar karakter vocaloid aja deh~ karena lucu sih.
gambar 1.1
hehe~ Imut banget ya~ XD


3. kalo kalian mau. tuh gambar diedit dulu. karena nanti kalo langsung di ganti gitu aja, bagian belakangnnya bakal enggak transparant dan hasilnya bakal kurang memuaskan. dan kalian juga perlu ngedit untuk ngubah ukuran gambar juga. jadi sebenernya meng-editnya itu penting juga~ dan setelah itu kalian pindahin ke file yg udah kalian download deh~


4. selesai kalian edit. kalian buka file yang udah kalian download. dan cari file yg berformat ".ini". kalian buka dan lihat bagian yang ada tulisan "[chara1]"


gambar 1.2




kalian lihat kan yang bagian "[Chara1]"? nah di bawahnya kan ada tulisan
"meter=image" menandakan bahwa yang bakal terlihat itu sebuah gambar
"x=30" kalo ini untuk mengubah letak ke samping kiri/kanan
"y=0" sedangkan yang ini untuk mengubah letak ke atas dan bawah
"Imagename=girl.png" kalo ini adalah nama gambar yang akan kita masukkan. ingat! gambar itu harus ada di  folder yang sama dengan "EnglishCalendar.ini" kalau tidak kalian enggak akan bisa munculin gambarnya


5. kalian tinggal ganti bagian "Imagename=girl.png" jadi nama file gambar yang kalian mau dan sudah kalian copy ke folder yang sama.


gambar 1.3


6. kalian tinggal save Englishcalendar.ini dan klik kanan di Skinnya. dan pilih "Refresh Skin" setelah itu yang gambarnya bakal keganti deh~


gambar 1.4


hasilnya bakal kayak diatas deh. oh ya, untuk letak dan segala macam bisa kalian ubah2 kok. nge-edit calendar yang kayak di post ini termasuk yang simple. karena enggak pake banyak format.


Gimana? kalian kurang ngerti cara ngebuat nya? apa mau yang lain? email saja ke azzahra.lamuri@gmail.com, ikut sertakan= dasar dari Skin tersebut, gambar-gambar dan lain lain. nanti akan aku buatkan deh~ tapi jangan yang susah-susah ya~ maklum masih pemula.


hehe~~ sekian dulu deh. lain kali akan saya coba buat post tentang ini lagi. tapi untuk skin yang lain. mungkin ya~ jangan berharap banyak deh. aku pelupa orangnya~hehe. XD


====Bye====

No comments:

Post a Comment