Friday, January 27, 2012

Basic RPG Maker VX

hei yo~ kali ini aku bakal membagi sedikit ilmu tentang cara membuat Game dengan RPG Maker VX. sebenarnya~ membuat Game pake RPG Maker VX(RPGVX) gak susah-susah amat kok :3. kalo susah mana bisa aku bikin? hehe. lumayan juga sih bikin game kayak gitu, kalo mau bikin mini game paling 4-7 hari selesai. tergantung kerajinannya juga sih~ sedangkan kalo game yang nyampe ada story segala macam~ itu bakal agak sedikit lama dibandingkan mini game. mungkin 1 bulan lebih kali ya? :V. yok lanjut ke penjelasannya aja.

oke, mari kita mulai!

1. buka dulu RPG Maker VX-nya(pastilah, kalo enggak dibuka gimana mau bikinnya?)

pas kamu buka kan belum bisa di apa-apain, jadi kamu buka menu file-new project dulu.
nanti bakal ada tampilan kayak gini:


liat tulisan "folder name?" itu tuh artinya~ nama folder yang akan kamu simpan. sedangkan kalo "game title"~ pas kamu nyoba main game diatasnya bakal ada tulisan "game title" yang kamu berikan. keren ya~ bikin game dengan nama yang kita ingin kan :3.

2.kalo udah buka new project, kamu pasti bakal melihat tampilan seperti ini:

nah ini adalah tampilan awal pas kamu baru bikin new project. kamu liat bagian belakangnya itu kan warna biru semua, itu adalah air. kamu bisa bikin pulau dari yang di bagian A asal itu bukan AIR dan bukan yang gak bisa di injak~ mau tau mana yang bisa di injak apa enggak? nanti aku jelasin di penjelasan bagian menu. kamu bisa bikin banyak MAP dan kamu bisa masukin banyak EVENT. event itu adalah kejadian-kejadian, atau bisa juga merupakan orang yang bisa di ajak bicara. oke kita lanjut ke penjelasan menu dulu.


kalian liat photo di atas? aku bakal jelasin dari kiri ke kanan ya~

#New Project = untuk membuat game baru.
#Open = untuk membuka/melanjutkan game yang sudah/sedang dibikin.
#Save = untuk menyimpan Rancangan game.
#Cut
#Copy
#Paste
#Delete
#Undo = untuk mengulang sesuatu yang kita lakukan(pas bikin PETA/MAP)

#Passage Setting = untuk mengubah aturan map. misal, awalnya, kita enggak bisa lewatin air, habis itu kita tekan itu dan disitu bakal ada tampilan seperti ini:


kalian liat tanda X ama O itu? kalo O berarti kita bisa melewati daerah tersebu sedangkan X kita tidak bisa melewati daerah tersebut(udah jelas) sebenarnya masih ada 1 tanda lagi yaitu tanda bintang. tanda bintang dipakai hampir sama seperti O tapi bedanya, kalo O kita nya diatas bagian map nya, sedangkan tanda bintang, bagian Mapnya lah yang diatas kita. jadi tanda bintang biasa di gunakan untuk bagian atas pohon. (sebelum melanjutkan membuat peta, kalian harus me-nonaktifkan Passage Setting dulu, kalau tidak kalian enggak bisa milih mana yang mau dipakai. karena pas kita tekan, nanti tanda X/O/bintang bakal berubah ke yang lain).

#Map = mode Map, untuk membuat Map.

#Event = mode Event, untuk membuat berbagai macam Event. seperti kucing jalan-jalan. kita jadi bisa ngomong ama orang. dan juga, untuk beberapa event yang bakal berjalan sendiri. untuk penggunaan event akan aku jelaskan di post tersendiri.

#Pencil = mode pencil, saat membuat peta. ketika kita memakai mode ini, secara otomatis bentuknya hanya merupakan titik, dan TIDAK bisa dibentuk Persegi secara otomatis.

#Rectangle = Mode Rectangle, saat membuat Peta. ketika kita memakai mode ini, kita bisa membuat persegi yang besar dengan gampang. tinggal pencet, habis itu tarik sesuai ukuran yang di-inginkan.

#Ellipse = Mode Ellipse, saat membuat Peta. ketika kita memakai mode ini, sama seperti mode Rectangle. tapi ini membentuk lingkaran(walau gak bener-bener lingkaran juga sih~) nanti hasil kalo memakai ini, seperti ini:


lumayan gampangkan bikin pulau bentuk lingkaran pake ini? XD

#Flood Fill = untuk mengganti warna, sebenarnya ini masih semacam untuk ganti warna gitu~ bedanya, kalo mau ganti warna disini itu kayak ganti yang awalnya Air jadi Rumput gitu deh ^^. hehe.

#1:1 = Ratio peta di game dan di tempat buat sama besar
#1:2 = Ratio 1 banding 2, ukuran nya adi kayak di zoom out gitu deh~ keliatan lebih kecil. tapi pas kita mainin~ nanti bakal keliatan kayak biasa.
#1:4
#1:8
#Database = disini kita bisa ngubah dari char, enemy, class, dll.
#Resource Manager = disini, kita bisa nambahin Graphic dan Audio
#Script = nah, yang ini bisa dibilang dasar dari game. kalo kamu mau nyari script gitu~ kamu bisa cari diSini
#Sound Test = untuk mencoba berbagai Audio
#PlayTest = ini untuk mencoba memainkan game yang sudah dibuat.

3. Kamu mau ganti ukuran Peta? karena kekecilan apa kebesaran? kalo gitu kamu klik kanan di nama peta dan pilih "Map Properties" nanti bakal ada tampilan seperti ini:


liat? bagian "Width" dan "Height"? nah kamu ubah aja bagian itu~ tapi yang paling kecil Width-nya 17 dan Height-nya 13. nah, kamu juga bisa masa Encounteres atau semacam Enemy yang acak dan akan muncul ketika kita sedang jalan. kamu tambahin aja~ XD. kalo kamu mau bikin settingan lagu yang bakal ganti setiap pindah tempat/Map kamu teken aja Auto-Change BGM. nanti pilih lagu aja deh~ XD. pencet OK dan selesai ngatur yang ada dipeta.

setelah ngatur kayak gitu~ kita bikin Petanya dulu yuk~ aku udah bikin dan hasilnya agak jelek sih~ nih aku kasih liat deh penampakan peta buatan ku :3. hehe. ini dia:

dan ini:


gimana? masih agak jelek ya? maklum aku sendiri masih pemula~ baru 1 minggu pake RPG Maker VX. hehe.

Untuk Post kali ini~ aku cuman menjelaskan sampai disini dulu ya~  nanti akan aku lanjutkan di post yang lain biar enggak terlalu panjang  post ini. XD

bye~ Baca juga Post ku yang lain ya~

No comments:

Post a Comment